Mengapa Proton dan Neutron berada dalam inti atom ?

Selasa, 03 Mei 2011

Nama : Musawwir
NPM :080401070013
Kelas :Fisika 2008 A

Mengapa Proton dan Neutron berada dalam inti atom ? mengapa bukan Elektron yang berada di Inti?

yang kita tau, inti atom terdiri dari proton dan neutron. nah, mengapa harus proton dan neutron yang ada di inti ? kenapa tidak elektron yang berada di inti ? mengapa elektron bergerak mengelilingi inti?

karena proton dan neutron lebih massif daripada elektron. massa proton dan neutron sekitar 1 sma, sedangkan massa elektron sekitar 1/1000 kalinya.
Proton dan neutron bukanlah partikel elementer, melainkan komposit yang terbuat dari 3 buah quark, sedangkan elektron merupakan anggota lepton yang bermuatan -1. Jumlah elektron ini sangat menentukan sifat atom2.
Pusat dari atom disebut inti atom atau nukleus. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Banyaknya proton dalam inti atom disebut nomor atom, dan menentukan elemen dari suatu atom.
Jumlah proton dan neutron menentukan tipe dari nucleus atau inti atom. Preoton dan neutron hampir memiliki massa yang sama, kombinasi jumlah, jumlah massa, rata-rata sama dengan massa atomic sebuah atom. Ukuran inti atom jauh lebih kecil dari ukuran atom itu sendiri, dan hampir sebagian besar tersusun dari proton dan neutron, hampir sama sekali tidak ada sumbangan dari elektron.Kombinasi massa dari electron sangat kecil secara perbandingan terhadap massa nucleus, dikarenakan berat proton dan neutron hampir 2000 kali massa electron.
Jumlah netron dalam inti atom menentukan isotop elemen tersebut. Jumlah proton dan netron dalam inti atom saling berhubungan; biasanya dalam jumlah yang sama, dalam nukleus besar ada beberapa netron lebih. Kedua jumlah tersebut menentukan jenis nukleus. Proton dan netron memiliki masa yang hampir sama, dan jumlah dari kedua masa tersebut disebut nomor massa, dan beratnya hampir sama dengan massa atom ( tiap isotop memiliki masa yang unik ). Masa dari elektron sangat kecil dan tidak menyumbang banyak kepada masa atom.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
bloguez.com